Tipe Penulis Kolom Komentar

Jujur aja, gw adalah seorang silent reader dan lebih seneng ngebaca kolom komentar sama surat pembaca di portal berita dan forum-forum online. Entah apa yang ngebuat gw seneng mantengin kolom komentar dan surat pembaca, tapi yang jelas dari kolom itu gw bisa belajar cara beragumen lewat tulisan dan bisa ngebedain apakah si pengomentar (gw pribadi…

Read more

Tidak Dilabeli Pun, Aku akan Tetap Ada

Pernah ga sih kalian bosan dengan segala label? Misalnya; "Lo kan cewek, mana ngerti beratnya jadi cowok?", "Lo ga pernah sih diputusin, mana tahu rasanya sakit hati?" dan "Lo anak orang kaya, mana tau susahnya hidup?" Dan bla bla bla lainnya. Ya manusia adalah makhluk yang paling mudah melabeli sesuatu. Sayangnya kadang pelabelan itu merepotkan.…

Read more

Profesi yang Bakal Lo Temuin di Bus Kota

Buat lo yang biasa ngegunain bus kota, semacam Damri, PPD, Mayasari Bakti, Metro Mini atau mungkin Kopaja pasti akrab dengan para pencari rezeki yang mencoba mencari nafkah di bus kota, tak hanya di bus kota, beberapa di antaranya juga beroperasi di bus AKAP (antarkota-antarprovinsi). Mengutip salah satu forum online terbesar Tanah Air, so lets cekidot…

Read more

Korelasi Sifat Lebai dan Macet di Jakarta

Anda pekerja yang biasa keluar pagi dan pulang sore hari? Ya kira-kira pukul 06.00 WIB dan pulang pukul 16.30 WIB. Selamat Anda adalah orang yang sangat beruntung, karena Anda selalu diberikan ujian sabar oleh Tuhan. Dengan makhluk yang namanya pacar, eh salah maksudnya macet. Saya kira Anda yang menjadi warga kota besar pasti akrab dengan…

Read more

Obrolan Nggak Penting di Kondangan

Gw nggak pernah suka pergi ke pesta atau kondangan mau itu pesta ulang tahun, sunatan, injek tanah, tujuh bulanan atau akikah apalagi pesta pernikahan. Ngenesnya belakangan ini di usia gw yang menginjak seperempat abad semakin banyak kawan-kawan yang dengan semena-mena menampar muka gw dengan undangan pernikahan mereka. Sangat nggak sensitif. Bukan, ini bukan karena gw…

Read more

Di Mana Passion Berada? (Tunjuk Dada)

Passion, sebuah kata sederhana yang membuat saya uring-uringan beberapa tahun lalu. Saya merasa telah berada di jalan benar tapi mendengar sebuah kata baru ini membuat saya berpikir ulang. Apakah saya benar? Apa ini ingin saya? Ini cinta dan jalan hidup saya? Ini diri saya? Atau sekadar menyenangkan orang lain (ayah dan ibu)? Lalu saya mulai…

Read more

Fenomena Kurbanisasi, Mitos Islami yang Tak Terelakkan

Baru-baru ini, saya melaksanakan kurban di lingkungan rumah. Tapi, berbeda dengan kebanyakan umat Islam lainnya, saya tidak berkurban domba maupun sapi. Saya hanya mengurbankan sedikit bagian harta yang saya dapat untuk berbagi dengan orang-orang sekeliling saya. Saat salah satu tetangga saya bertanya, “Neng, ini dalam rangka apa?” Saya pun menjawab, “Insyaallah kurban.” Sontak semua yang…

Read more

Makan di Luar Bikin Kenyang atau Renyang?

Kalau ngumpul sama teman-teman tempat yang paling sering dituju adalah tempat makan kayak kafe, restoran, atau bahkan sekadar warung tenda pinggir jalan. Soalnya apalagi sih yang paling asik selain makan sambil ngobrol, padahal waktu masih kecil sering diajarin kalau makan nggak boleh sambil ngomong karena bisa keselek. Apalagi di Jakarta - tempat tinggal gue -…

Read more

Awas, Terlalu Sibuk Bisa Berubah Jadi Kecoak!

Apa status lo sekarang? Pekerja, mahasiswa, pelajar, atau gak termasuk salah satu dari itu? Gimana kehidupan pribadi lo, minimal sama keluarga? Baik, bisa dibilang baik, atau malah tidak baik sama sekali? Menurut gw status kita itu ada hubungannya dengan kemampuan kita bersosialisasi dan biasanya masalahnya terbesarnya adalah waktu. Semakin tinggi kesibukan lo, semakin jarang pula…

Read more

Mie yang Lekat di Hati

Siapa yang nggak suka makan mie instan? Bohong ah kalau ada yang bilang nggak suka. Soalnya mie instan itu penemuan paling genius yang pernah gw rasain. Sebagai mantan anak kost gw pernah sampai kena tifus karena berusaha ngirit dengan makan mis instan sebulan penuh. Nggak men lo nggak salah baca, kebodohan gw memang tapi itu…

Read more

Stay updated! Follow Mumovi!