Memanusiakan Manusia

Nggak terasa sudah 12 hari puasa, untung cuaca cukup bersahabat, nggak terlalu panas malah cenderung dingin. Seolah bumi sedikit berkompromi dan memberikan sedikit kompensasi supaya semua manusia baik yang sedang berpuasa maupun yang nggak berpuasa bisa sedikit merasakan sejuk di ibukota. Walau sayangnya macet nggak mau ikutan kompromi. Di 10 hari pertama kemarin, kita sudah…

Read more

Euforia Hari Raya

Pagi menjelang siang yang panasnya hot-hot pop guys!!! Masih semangat nggak puasanya? Hari-hari terakhir nih, sebentar lagi lebaran dan Jakarta sudah mulai sepi ditandai dengan waktu tempuh dari rumah ke kantor yang nggak lebih dari 15 menit saja. Lebay? Bodo amat, buat gue yang biasa kena macet ini berkah! Kalau tahun lalu menjelang lebaran gue…

Read more

Tips Hindari Begal yang Bikin Pegal

Apa sih berita yang lagi hits sekarang ini? Ahok yang diancam hak angket DPR? Cita Citata aborsi? Atau Laudya Cintya Bella yang memutuskan pake hijab terus infotainment langsung heboh-heboh teu puguh? Ah, berita-berita kayak itu nggak terlalu menarik buat gue, terasa terlalu jauh karena nggak nyentuh kehidupan gue secara langsung dan terasa kayak ngeliat pertunjukan…

Read more

Hal yang Dikenang dari Rental Film

Bagi elu yang mengalami masa 2000-an pasti sempat mengalami masa-masa ini atau paling nggak mengetahui hal ini. Rental VCD atau rental film sempat mengalami masa jaya di masa itu hingga akhir 2009-an terutama di kota-kota besar. Beberapa rental bahkan memiliki jaringan lengkap dengan kartu member yang saat itu lebih keren dibandingkan KTP (yang masih dilaminating)…

Read more

Menyoal Kretek, Kapok, Kungkang, dan Kapan Kawin

Dunia dipenuhi orang-orang bijak dengan nasihat-nasihatnya yang menyentuh kalbu; Kahlil Gibran soal cinta; Martin Luther King, Jr. soal perjuangan kelas; Audrey Hepburn tentang bagaimana wanita seharusnya menyikapi kecantikan; Muhammad Ali tentang morale dalam pertandingan; dan kamu tentang... semuanya. Semua hal bisa dinasihati tanpa empati, bahkan dalam urusan atma sampai sanggama. Soal atma yang paling sering…

Read more

Mama

Mama jarang sekali menangis, seingatku dia hanya menangis saat aku harus dioperasi karena gangguan syaraf tulang belakang dan saat aku wisuda. Walau saat wisuda beliau menangis hanya karena aku menolak keras memakai kebaya dengan alasan tidak akan ada yang lihat karena tertutup toga dan berakhir dengan aku menyerah memakai kebaya dengan bawahan CELANA dan bukannya…

Read more

“Klik” yang Beda

Membaca sebuah artikel dari Linimasa yang ngebahas tentang alasan kenapa seseorang akhirnya bisa memutuskan untuk menikah, untuk merelakan kebebasannya bersosialisasi terenggut begitu saja dan merelakan hidupnya sampai mati (kalau bisa) bersama satu manusia dengan segala risiko yang nggak mungkin diselesaikan cuma dengan cinta bikin gw sedikit ngawang antara bengong dan nerawang tentang realitas sesungguhnya pernikahan…

Read more

Tip untuk Barisan Patah Hati

Kita semua pasti pernah patah hati soalnya patah hati bukan cuma punyanya orang yang sudah pernah ngerasain punya pacar, itu universal karena akibat yang dirasakan itu cuma satu yaitu kesedihan. Mungkin hal ini yang coba diangkat dalam video berdurasi tiga menit buatan Raditya Dika. Bukan, ini bukan video berisi guyonan basi nan nggak lucu khasnya…

Read more

Tiga Kalimat Haram dalam Percakapan

Mengobrol pernah begitu menyenangkan ketika tidak ada intensi untuk memosisikan diri lebih tinggi dari lawan bicara. Obrolan yang enak buat gw adalah ketika bisa selalu tek-tok. Sama-sama gak menonjol dan ada kalanya hanya perlu mendengar tanpa harus berusaha terlibat apalagi berdebat karena memang sering kali kita tidak sependapat. Tapi kadang obrolan jadi berubah gak menyenangkan saat…

Read more

Curhat dan Soal Mendengarkan

Kita pasti suka curhat, iyalah selama kita hidup sebagai manusia pasti nggak akan terlepas dari yang namanya curhat. Bahkan untuk orang yang ngakunya pendiam sekalipun curhat itu suatu kebutuhan untuk meringankan beban perasaan, walau mungkin orang yang pendiam ini curhatnya nggak selalu frontal dan langsung tapi bisa saja curhatnya berbentuk curcol (curhat colongan). Gw sendiri…

Read more

Stay updated! Follow Mumovi!