20 Film Terbaik di 2016

16. “Madaari”

Pemerintah yang bobrok hampir selalu ada di belahan Bumi mana pun, utamanya di negara ketiga. India – menurut statistik – adalah salah satu negara dengan pemerintah abai terburuk di dunia. Tingginya kriminalitas dan korupsi menggerogoti negara ini dari dalam.

Nirmal (Irrfan Khan) adalah seorang ayah yang anaknya mati akibat kesalahan pemerintah – setidaknya begitu menurutnya. Nasib nahas yang menimpa anaknya terjadi ketika sebuah jalanan runtuh. Usut punya usut ternyata runtuhnya jalanan tersebut karena kontraktor proyek korup yang menyunat anggaran sekecil mungkin tapi tidak menghiraukan kualitas bangunan. Akibatnya anak Nirmal yang jadi korban dari nafsu otoritas rakus yang ingin mengeyangkan perut dengan mengorupsi anggaran infrastruktur.

Familier? Jika iya, mungkin karena Indonesia tidak jauh berbeda dengan India.

Ayah dari anak semata wayang itu kemudian menuntut pertanggungjawaban para pejabat terkait. Bukan dengan membunuh, tapi dengan menculiknya dan membuat pejabat mengakui kesalahan mereka di depan televisi nasional. Sebuah upaya yang tidak egois, yang dilakukan ayah itu untuk menegakkan keadilan bukan hanya untuk anaknya, tapi juga untuk masyarakat India yang lebih besar. Penjiwaan Irrfan sebagai seorang ayah efektif membuat film ini sebagai sebuah tear jerker.

Stay updated! Follow us on:

Find me

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.
Find me

Latest posts by Imanuel Kristianto (see all)

(Visited 1,257 times, 1 visits today)

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Marvel Rilis Bocoran “Avengers: Infinity War”!

Close