Sutradara Film Batman dari Masa ke Masa

Tim Burton dan kelahiran Dark Knight di layar lebar

tim burtonAndai tidak ada Tim Burton maka dunia layar lebar pun tidak akan mengenal Batman. Sutradara Amerika Serikat ini berhasil melahirkan sosok Dark Knight lewat “Batman” (1989) dan dilanjutkan dengan sekuelnya “Batman Returns” (1992). Genre suram dan humor gelap yang menjadi ciri khas Tim sebagai sang sutradara dianggap pas dalam meniupkan ruh ksatria malam berjubah kelelawar ini ke layar lebar.

Kesan kota Gotham yang suram dan mencekam, penjahat-penjahat sinting berpakaian aneh serta sosok Batman yang garang merupakan ciri khas dari genre yang diusung Tim Burton.

Keberhasilan Tim sebagai nakhoda pertama film Batman juga terlihat saat dirinya berhasil mengubah sosok pelawak Michael Keaton sebagai sosok Bruce Wayne yang luwes sekaligus sang Dark Knight yang antibasa-basi dan jarang tersenyum. Kerja keras Tim akhirnya terbayar saat Oscar mengganjar “Batman” dengan piala untuk kategori Best Art Direction.

batman-returns-ripped-hoodNamun, Tim harus mengakhiri perannya sebagai sutradara hanya sampai “Batman Returns”. Kendati film itu menuai pujian dan meraup laba besar, Tim Burton harus hengkang lantaran McDonald’s sebagai mitra sponsor film tersebut menganggap plot cerita “Batman Returns” terlalu kelam dan tokoh-tokohnya tampak menyeramkan, terutama tokoh villain Penguin sehingga film ini dianggap tidak ramah keluarga dan menyulitkan promosinya kepada konsumen anak. Padahal kisah Dark Knight sendiri memang bukan konsumsi untuk penonton anak-anak, namun tampaknya dunia saat itu belum bisa menerima film superhero dengan plot dan penggambaran karakter yang terlampau kelam dan berkepribadian kompleks.

Stay updated! Follow us on:

Find me

Aji Cakti

Movie mania yang demen nulis dan riset dunia film
Find me
(Visited 645 times, 1 visits today)

Aji Cakti

Movie mania yang demen nulis dan riset dunia film

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Ulasan “The Mermaid” (2016)

Close