Selamat Jalan, David Bowie!

David Bowie, musisi legendaris asal Inggris, tutup usia pada hari ini 11 Januari 2015 (10 Januari waktu setempat). David akhirnya menyerah setelah 18 bulan mengidap kanker.

David terkenal dengan gaya androgini dan pernyataannya yang kontroversial bahwa dia adalah biseksual dan pernah berhubungan dengan Mick Jagger.

Di luar kontroversinya David menyumbang besar untuk dunia musik lewat karyanya. Beberapa karyanya bahkan abadi hingga sekarang. Untuk mengenang David, berikut beberapa lagunya yang fenomenal dan masih dikenal hingga sekarang.

“Man Who Sold The World”

Lagu yang dirilis pada 1970 ini laris manis hingga dinyanyikan ulang oleh dua musisi besar internasional, Lulu dan Nirvana. Penggemar musik grunge pasti gak asing lagi dengan lagu ini. Dibawakan di MTV Unplugged pada 1993, Nirvana meniupkan napas baru bagi lagu tersebut dan akhirnya lagu itu mendapat segmen penggemar yang cukup besar di luar genre aslinya.

“Starman”

Setelah “Space Oddity” yang berisi narasi astronaut dan pusat kendali yang merdu dan punya cerita yang kuat, lagu pada 1972 ini juga jadi salah satu tonggak bersejarah bagi David. Dia bahkan hingga sekarang masih sering dijuluki Starman. Lagu yang masuk dalam daftar lagu terbaik sepanjang masa versi majalah Q ini juga mendapat eksposur yang besar di 2015 karena dijadikan soundtrack di film arahan Ridley Scott yang dibintangi Matt Damon “The Martian”. Ironisnya, David meninggal di hari yang sama Matt Damon mendapat penghargaan Golden Globe lewat film tersebut sebagai aktor terbaik kategori film/serial komedi dan musikal.

 “Under Pressure”

Di planet ini siapa yang gak kenal Queen? Band legendaris itu pernah berkolaborasi dengan David dalam lagu yang masih terkenang hingga kini. Dirilis enam tahun setelah kesuksesan “Bohemian Rhapsody” pada 1975, lagu ini juga langsung menembus puncak tangga lagu Inggris.

Simak mixtape-nya di sini.

Selamat jalan David, semoga karyamu akan selalu abadi dikenang.

 

Stay updated! Follow us on:

Find me

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.
Find me

Latest posts by Imanuel Kristianto (see all)

(Visited 107 times, 1 visits today)

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Daftar 10 Film Wajib Tonton di 2016

Close