Invasi Komik Online

Gue suka baca komik dan maksud gue dengan suka adalah SUKA BANGET. Lo boleh bilang gue cupu, kayak bocah, nerd atau otaku tapi serius gue kasih tahu kalau komik adalah bacaan buat semua umur dengan jalan cerita yang bahkan nggak selalu sederhana.

Komik pertama yang gue baca adalah komik berseri “Candy-Candy” yang isinya humor, petualangan, cinta, persahabatan dan keluarga. Lalu berlanjut ke komik “Doraemon” dan “Detective Conan” yang semuanya lebih cenderung bergenre komedi, petualangan dan misteri.

Banyak yang bilang komik itu beda sama manga dan judul-judul yang gue sebut di atas adalah manga tapi menurut gue manga adalah komik versi Jepang. Habis perkara.

Mengikuti perkembangan zaman yang sudah mulai menggeser peranan kertas kini komik nggak cuma muncul dalam bentuk buku yang bisa kita nikmati setelah beli, sewa di tempat penyewaan atau minjem dari teman, hanya dengan smartphone dengan paket data yang full atau sinyal wifi yang kenceng lo sudah bisa menikmati komik kesukaan lo.

Kenapa paket data harus full atau ada sinyal wifi yang kenceng? Soalnya rata-rata komik online itu Bandwidth killer (BWK) jadi kalau paket data atau sinyal wifi yang lo punya nggak kenceng yah silahkan kesel sendiri guys.

Adalah Line salah satu platform chatting yang punya ide bikin komik online setelah idenya bikin permainan yang menurut gue nggak jelas untuk mendukung platform chattingnya. Dengan nama Webtoon, laman ini terdiri dari banyak komik dari banya penulis yang berasal dari banyak negara dan menyediakan banyak bahasa. Ya, komiknya diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa.

Walaupun Line sendiri sebenarnya berasal dari Jepang namun isi komik dalam webtoon ini kebanyakan hasil karya komikus korea walaupun ada juga sih komikus yang nggak korea tapi nggak gitu banyak atau seenggaknya yang gue liat sih nggak gitu banyak.

Komik yang gue suka juga variatif banget jenisnya dari yang ceritanya khayal sampai yang masuk akal dari yang komedii bikin ketawa sampai drama yang bikin perih mata. Berikut ini adalah komik-komik kesukaan gue di webtoon.

  1. Untouchable

untouchableKomik ini bercerita tentang seorang (atau seekor) vampire perempuan yang nggak lagi makan dengan cara menghisap darah tapi berganti dengan menyerap energi manusia dan yang paling efektif adalah menghisap energi dari lawan jenis. Nah si vampire ini lalu jatuh cinta sama manusia. Ceritanya klise banget sih tapi cara penyajian dan plotnya bikin gemes dan deg-degan. Huhuhuhuhu.

  1. Noblesse

Noblesse 1Nah, ini juga komik yang bercerita tentang keluarga bangsawan vampire yang sudah nggak minum darah. Komik ini nggak berkisah tentang cinta-cintaan tapi ikatan persahabatan dan keluarga dengan sedikit bumbu humor di dalamnya. Lo bisa dibikin gemes, cekikikan, deg-degan bahkan sedih dalam satu chapter.

  1. Hive

hive1

Komik ini bercerita tentang masa di mana serangga manusia karena peningkatan kandungan oksigen di udara. Secara realitas, kandungan oksigen di udara meningkat memang berbanding lurus dengan ukuran serangga di atas bumi. Cuma itu saja? Oh tentu tidak, yang bikin horor dari komik ini adalah si serangga mau menguasai bumi dan mau punya ratu dari kalangan manusia. Ditambah oknum-oknum yang masih belum jelas tujuannya yang terkesan menjadikan fenomena serangga raksasa ini sebagai objek percobaan.

  1. Kids Are Allright

Komik ini berfokus pada seorang anak kecil bernama Dai. Dai ini diceritakan punya ibu yang sakit dan ayah yangKids Are Allright1 sangat sibuk tapi itu nggak bikin Dai jadi malas, justru karena sering kesepian sendiri di rumah Di jadi punya kegemaran membaca yang besar. Disamping menceritakan tentang Dai, komik ini juga menceritakan tentang lingkungan sekitarnya mulai dari teman-teman sekolahnya, orang dewasa di sekelilingnya dan masih banyak lagi.

Secara realistis diceritakan Dai nggak selalu jadi anak baik yang penurut, dia juga bisa jadi nakal dan pembangkang tapi toh dari sikapnya itu dia kemudian bisa belajar tentang tanggung jawab.

Kisah tentang kesederhanaan yang kadang suka kita lupakan namun punya makna yang dalam

  1. Lunar Baboon

lunarbaboon1

Mungkin sebagian dari lo sudah baca komik ini terlebih dulu dari website aslinya. Komik ini berkisah kehidupan seorang laki-laki sebagai manusia, suami, dan ayah pada satu waktu. Konsep komiknya sih kayak komik strip yang terdeiri dari beberapa panel tapi isi ceritanya itu loh yang gue suka, bisa sedih, lucu, nggak masuk akal, menyenangkan dan macam-macam lainnya.

  1. 10th Dimension Boys

Dari semua komik di atas, ini adalah komik komedi yang sangat nggak jelas tapi nagih bacanya dan maaf banget nih10th dimension boy bukannya nggak mau ngejelasin panjang lebar tapi seriusan komik ini nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Kalau penasaran lo baca sendiri deh.

Sebenarnya masih banyak lagi komik yang ada di webtoons ini cuma kalau gue jelasin yang jadi favorit gue satu persatu gue nggak yakin 10 halaman bisa cukup, jadi mendingan lo baca sendiri dan pilih mana komik kesukaan lo.

Komik-komik ini juga beberapa ada sih yang masuk ke situs baca komik atau manga online tapi saran gue mendingan baca dari sumber aslinya soalnya kadang-kadang sambil baca komik kita disuguhin instrument musik atau efek suara.

Stay updated! Follow us on:

Novita Nurfiana
Find me

Novita Nurfiana

Cita-cita jadi Ranger Merah
Novita Nurfiana
Find me

Latest posts by Novita Nurfiana (see all)

(Visited 142 times, 1 visits today)

Novita Nurfiana

Cita-cita jadi Ranger Merah

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Ulasan “Southpaw” (2015)

Close