Tren Komik Strip di Media Sosial

Belakangan ini gue lagi sangat keranjingan mengkuti seri komik strip yang lagi banyak banget menjamur di Instagram. Komik ini nggak terdiri dari puluhan halaman kaya komik-komik yang dijual di pasaran dengan jilid buku yang lumayan tebal tapi cuma berisi beberapa panel yang mulai dari tiga panel sampai paling banyak enam panel yang berisi tentang hal-hal absurd di keseharian kita.

Tema yang diangkat komikus-komikus ini juga sangat biasa, kebanyakan justru kejadian atau lelucon yang terjadi setiap harinya bahkan kebiasaan yang dianggap sepele yang banyak dilakukan orang setiap saat dengan pengemasan cerita yang sangat di luar akal sehat. Namun, nggak jarang juga mereka ngangkat isu-isu yang lagi berkembang luas di masyarakat dan pastinya dengan gaya yang terkesan seenaknya.

Berikut ini adalah beberapa komik strip baik yang ada di Instagram maupun yang gue tahu jauh sebelum gue kenal Instagram dan komik-komik ini asli buatan anak bangsa. Bangga? Ya iyalah bangga, artinya masih ada makhluk-makhluk kreatif yang nggak perlu cari sensasi untuk bisa dikenal.

  1. Locomostrip

Ini adalah komik strip pertama yang gue baca dan gue ikutin update-nya tiap hari. Pertama kali tahu sekitar 2010 saat mulai sibuk skripsi dan butuh pengalihan, saat gue lagi googling-entah-apa malah ketemu website ini dan jadi keranjingan sampai skripsi rada molor dikit.

Komik yang paling banyak terdiri dari empat panel tersebut biasanya nggak jauh-jauh dari kegalauan remaja, kuliah dan lainnya mengingat si komikusnya saat itu masih menempuh pendidikan di salah satu universitas teknik di Bandung.

Sayangnya update terakhir yang gue baca adalah sekitar 2013 lalu dan sejak saat itu gue nggak menemukan unggahan terbaru. Entah karena pindah platform atau media tapi yang jelas sih saat gue cari di Instagram yang ada cuma hashtag-nya saja.

Kalau ada yang tahu tentang keberlangsungan komik strip ini boleh tolong infoin ke gue donk. Hehehe.

locomo2 locomo3 locomo4

  1. Masdimboy

Komik ini pertama kali gue baca di saat-saat gue baru lulus di kala ngangur, nggak ada kerjaan dan jomblo. Gue nemu komik ini saat lagi iseng buka Kaskus dan nemuin salah satu posting tentang komik ini, jadi aja gue ngikutin di Facebooknya. Namun, seiring waktu dan karena gue sudah tidak pakai Facebook lagi maka sekarang gue ngikutinnya di Instagram.

Jalan cerita komik ini sedikit lebih “dewasa” maksudnya nggak lagi terlalu banyak galau anak kuliahan yang berkisar antara pacar dan tugas kuliah lagi tapi udah ke hal-hal yang lebih….ah lebih baik lo baca sendiri deh ya.

Belakangan ini (karena gue baru tahu belakangan ini) Adimas Bayu, si komikus, juga sering banget aktif bikin komik yang terus diunggah di Instagram dan gerakannya yang lagi banyak diikuti komikus Instagram lainnya saat ini adalah #60hari #60komik dan banyak banget komikus lainnya yang turut serta. Mancaap!!!

masdimboy1 masdimboy3 masdimboy4

  1. Tahilalats

Komik strip yang ini adalah favorit gue secara pribadi, yang bikin namanya Nurfadli Mursyid. Setiap hari gue selalu buka Instagram gue yang isinya kebanyakan online shop demi mengikuti update terbaru dari akun tahilalats ini.

Jalan cerita yang ditawarkan sih sebenarnya biasa kok, nggak beda-beda banget sama dua komikus yang gue sebutkan di atas tapi cara penyampaiannya itu loh, apalagi dengan tagline “anjay” miliknya di beberapa post yang undescribeable.

Salah satu komiknya yang paling ngena buat gue adalah kisah di bawah ini, sebenarnya nyentil banget loh temanya tapi pengemasannya itu looh!!! “Anjay” banget lah pokoknya.

tahilalats4-4tahilalats3-3tahilalats2-2tahilalats1-1

Sebenarnya masih banyak lagi komikus asal Indonesia lain yang kreativitasnya pantas untuk dikasih empat jempol atau kalau mau lebih lo bisa pinjam jempol teman lo, sayangnya gue nggak bisa gue sebutin dan jelasin satu-satu dalam artikel ini. Takut dimarahin editor kalau kepanjangan bikin artikel.

Namun, satu hal yang pasti, karya-karya hasil kreativitas anak bangsa ini nggak lagi dianggap sebelah mata. Apalagi media sosial yang bisa bikin apa pun menjadi viral bikin kreativitas mereka semakin diperhitungkan. Huwoooow. Bangkit terus komik Indonesia!

Stay updated! Follow us on:

Novita Nurfiana
Find me

Novita Nurfiana

Cita-cita jadi Ranger Merah
Novita Nurfiana
Find me

Latest posts by Novita Nurfiana (see all)

(Visited 636 times, 1 visits today)

Novita Nurfiana

Cita-cita jadi Ranger Merah

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Kursi untuk yang Lebih Penting

Close