Yura Yunita, dari Sirkus Hingga Bercinta dengan Glenn Fredly

Yunita Rachman, yang bernama panggung Yura, merupakan penyanyi kelahiran Bandung jebolan acara pencarian bakat “The Voice”. Dalam acara tersebut Yura mendapat bimbingan dari maestro Indonesia Glenn Fredly.

Gagal tembus di final “The Voice” tak lantas membuat kariernya redup, dia malah digandeng Glenn untuk bikin album di bawah naungan Musik Bagus.org.

Album ini berisi sembilan lagu dengan berbagai warna. Di lagu “Balada Sirkus” yang menjadi single pertama, Yura menampilkan sebuah musik yang playful dan sama sekali baru; mengorelasikan sirkus dan cinta. Atmosfer ala Broadway juga kental dalam lagu ini, menjadikan lagu ini ceria sekaligus terdengar megah.

“Keruh di Air Jenuh” berbeda lagi, Yura menampilkan wordplay brilian ala Jason Mraz atau bahkan Eminem. Pemilihan diksi berima cukup menghibur walau agak sedikit membosankan karena memang perbendaharaan kata dalam bahasa Indonesia sendiri cukup minim bila dibandingkan dengan bahasa Inggris. Tapi mendengar ini serasa mendengar palang pintu dalam tradisi Betawi yang beradu pantun dengan alunan R’nB yang dilebur dengan jazz.

Ketika tutor turun tangan bersinergi bersama protégé-nya, hasilnya “Cinta dan Rahasia” terasa jadi begitu indah. Siapa tidak kenal Glenn Fredly? Raja mendayu-dayu ini membantu anak didiknya dalam lagu balada yang hanya diiringi gitar akustik ini. Lagu easy listening ini dengan segera menjadi favorit pendengar dan diputar di mana-mana. Memang formula Glenn tidak pernah salah dalam memaknai lagu cinta yang menyakitkan menjadi mengiris-iris bagi pendengar. Dan hebatnya, sebagai penyanyi pendatang baru, Yura terdengar ‘sejajar’ dengan Glenn. Mungkin ini yang namanya the magic of chemistry, bahwa cinta bisa meluruhkan semua batas. Am I starting to sound like Glenn?

Sementara lagu favorit gw di album ini “Jester Suit”, adalah yang paling filosofis. Sebagai pecinta teori cocoklogi, berikut analisis tentang lagu ini: Lagu ini bercerita tentang seorang penghibur yang selalu terlihat ceria di depan orang banyak meski dirinya sendiri sedang sedih. Pemilihan kata jester, alih-alih clown, sendiri tampaknya mempunyai makna yang lebih dalam daripada sekadar penghibur. Jester dalam sejarahnya adalah penghibur resmi bagi keluarga kerajaan. Dia menghamba sekaligus meraja di hadapan tahta karena jester mempunyai hak khusus sebagai penghibur “bersertifikat” yang bisa menghadapi raja tanpa harus menunduk. Dan karena bertugas sebagai penghibur dan berpakaian konyol, orang-orang sering menafikan kemungkinan bahwa jester kadang bisa merasa sedih, lazimnya manusia pada umumnya.

I wish my face just like my suit. Never ever stop smiling at everyone. People love my suit. My jester suit.

Lagu lainnya, “Superlunar”, digubah dengan sentuhan jazz dan sedikit ska. Lalu yang paling spesial adalah lagu berbahasa Sunda “Kataji”. Dari beberapa orang Sunda yang gw kenal, mereka tidak mengerti arti kataji sehingga dari hasil pencarian Internet, gw menemukan bahwa kataji berarti terpesona. Kurang lebih lagu ini menceritakan tentang pria yang mempermainkan perasaan wanita, pemberi harapan palsu, tapi si wanita tetap aja gak bisa menolak untuk jatuh cinta. Lagu ini juga diberi sentuhan Broadway. Lagi-lagi ini merupakan pilihan lagu eksperimental yang cukup berani. Bahasa Sunda – yang tidak dimengerti orang non-Sunda, bahkan tidak akrab bagi orang Sunda sendiri – digabungkan dengan jazz yang bisa hancur berantakan jika dipaksakan. Tapi ternyata lagu “Kataji” ini cukup menghibur dan sukses diapresiasi orang Sunda dan non-Sunda. Jadi kata siapa bahasa daerah itu kampungan? Semoga ada musisi Tegal yang mengikuti jejak Yura.

Dan ini lagu yang sama easy listening-nya dengan lagu duet Yura dan Glenn dan bukan tidak mungkin dapat dijadikan single selanjutnya dan diputar di radio-radio setiap hari dalam beberapa bulan ke depan. Dalam video musik ini terlihat Yura memainkan piano. Sepertinya ini bukan akting karena Yura dulu sejatinya adalah keyboardist dari band asal Bandung Sarasvati. Secara keseluruhan album Yura membawa kesegaran baru dalam belantika musik saat ini dengan musik yang berkelas sekaligus ramah di telinga.

Stay updated! Follow us on:

Find me

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.
Find me

Latest posts by Imanuel Kristianto (see all)

(Visited 1,022 times, 1 visits today)

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Maraknya Bisnis Lendir Online

Close