Konversasi Diskursif nan Banal tentang Ahok

Alkisah, di sebuah tempat di Senayan – kalau maju sedikit belok kiri sampai ke stasiun Palmerah – ada tiga orang ribet di tempat yang ribet yang berbicara dengan bahasa yang ribet agar dikira berpendidikan. Ribet banget ya.

Mereka sedang berada di kantin pada jam yang belum pantas disebut siang. Berikut petikan percakapan mereka.

Bambang: “Mas pesan bakso a la carte ya.”

Tukang bakso: “Maksute, mas?”

Bambang: “Gak usah pake mi, sawi, tetelan ama tahu. Pentol thok.”

Subroto: “Kalo saya pake mi tapi mi-nya very rare ya. Biar gak benyenyeh. Mul, lo pake mi?” teriak Subroto bertanya kepada temannya satunya lagi, Mulyadi, yang duduk agak jauh dan gak denger karena sibuk dengan ponselnya.

Bambang: “Ya udah pakein aja, ntar kalo dia gak suka mi-nya tinggal dialienasi.”

Selesai memesan, keduanya datang dengan tiga mangkok ke meja tempat Mulyadi menunggu.

Bambang: “Jancok, sambelnya absente. Mas, sambelnya mana nih?” teriak Bambang yang kelaparan dengan nada tinggi kepada tukang bakso.

Subroto: “Selow aja bro, escargot aja selow.”

Bambang: “Selow matamu. Tukang bakso mana coba yang gak nyediain sambel di meja?”

Mulyadi: “Iya bener, secara aksiomatis Bambang bener. Seharusnya dia nyediain sambel. Itu udah jadi konsensus di antara tukang bakso. Mungkin nih orang baru jualan bakso.”

Subroto: “Atau mungkin sebenernya predestinasinya jadi tukang siomay? Jadi dia gak kamil sebagai tukang bakso.”

Si tukang bakso lari tergopoh-gopoh membawa sambel ke meja mereka. Setelah sambal datang mereka mulai meracik baksonya masing-masing.

Mulyadi: “Gile lo Mbang, sambelnya gak akseptabel amat. Kira-kira keles,” ujar Mulyadi karena Bambang gila-gilaan menuang sambel ke mangkoknya.

Bambang: “Lagi ngidam capsaicin gw. Biar maknyos.”

Subroto: “Dasar emak-emak.”

Mulyadi: “Coy lo ngikutin berita anak daerah yang lagi masalah sama Ahok?”

Bambang: “Iya tuh, si benga. Anggarannya terlalu masif. Jadi keliatan banget manipulatif. Coba kalo maennya rapi. Kan kagak berabe gini jadinya.”

Subroto: “Kan belum terbukti juga mana yang bener. Untuk sementara selow aja dulu.

Bambang: “Lagian mereka juga kaga pinter. Pengadaan yang mengada-ada segitu gede kok pake bahasa gampang. Kurang belajar dari kita. Kalo samar dan njelimet dengan diksi yang disinformasi kan kita jadi bisa diskulpasi.”

Ini konon tulisan Ahok yang memaki anggaran DPRD
Ini konon tulisan Ahok yang memaki anggaran mengada-ada dari DPRD

Mulyadi: “Iya sih, ya udah itu kan masalah di daerah. Bukan kita ini. Lagian kan nenek kita udah pada gak ada, kita gak harus paham kan? Jadi bukan masalah kita dong. Kita mah download bokep aja dulu.”

Subroto: “Itu kan daerahnya Jakarta. Bukan masalah kita gundulmu. Ntar juga lama-lama ngerembet ke kita. Gimana menurut lo Mbang?” tanya Subroto pada Bambang.

Bambang: “Kayaknya gw kena masalah digestif deh, ntar sambung lagi ya,” jawab Bambang sambil terkentut-kentut cepirit tunggang langgang ke toilet.

Obrolan pun mengambang gara-gara Bambang lagi ke jamban(g).

***

Yang gak ngerti baca ini mungkin harus lebih banyak baca kamus agar mendapatkan pemahaman. #PemahamanNenekLu!

Stay updated! Follow us on:

Find me

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.
Find me

Latest posts by Imanuel Kristianto (see all)

(Visited 92 times, 1 visits today)

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Tips Hindari Begal yang Bikin Pegal

Close