Tip untuk Barisan Patah Hati

Kita semua pasti pernah patah hati soalnya patah hati bukan cuma punyanya orang yang sudah pernah ngerasain punya pacar, itu universal karena akibat yang dirasakan itu cuma satu yaitu kesedihan.

Mungkin hal ini yang coba diangkat dalam video berdurasi tiga menit buatan Raditya Dika. Bukan, ini bukan video berisi guyonan basi nan nggak lucu khasnya tapi video ini berisi tentang fase patah hati dan menurut gw sih tentang bagaimana cara kita pribadi bisa dan harus memperlakukan perasaan tersebut.

Dari video ini gw bisa ambil simpulan bahwa Raditya Dika mengatakan nggak apa-apa kok bersedih setelah patah hati. Bersedih adalah hal yang lumrah dan dapat dimaklumi karena nggak ada satu manusia yang nggek pernah bersedih walaupun dengan alasan yang berbeda-beda.

Silakan bersedih

Awal patah hati itu bikin kita sering 3G; galau, gundah, gulana. Tapi sebenarnya nggak apa-apa kok itu kan hal yang sangat manusiawi. Dalam video di bawah kita bisa lihat banyak orang yang menganggap bersedih setelah patah hati itu adalah hal yang berlebihan padahal sebenarnya tidak. Jadi biarkanlah dirimu bersedih karena itu bukanlah hal yang tabu.

Menangislah

Dalam video itu salah satu manifesto bersedih adalah tangisan. Iya, nangis. Akui saja, sekali waktu saat kita patah hati dan kecewa bukan lagi sekadar 3G yang nampak tapi perasaan tak tergambarkan dan tak terkatakan yang menggumpal di dada seakan bisa bikin lo kehilangan napas. Kalau hal itu sudah terjadi maka menangislah. Gw pribadi pernah nangis bahkan sampai gw nggak bisa mengenali suara yang keluar dari mulut sendiri. Tapi seperti kata seorang sahabat gw, menangis itu nggak bikin masalah lo hilang tapi setidaknya itu bantu lo untuk jadi lebih lega.

Mandi air hangat

Ehm… walau gw nggak tahu esensinya karena belum pernah nyobain tapi gw simpulkan kalau mandi air hangat bisa bikin lo lebih santai, otot dan saraf yang tadinya setegang kawat bisa sedikit mengendur di bawah guyuruan air hangat. Maka saat lo ngerasa terlalu tegang untuk sekadar berpikir jernih di kala patah hati, mungkin mandi air hangat bisa sedikit membantu lo.

Makan cokelat

Siapa yang nggak suka cokelat? Cokelat sebenarnya masuk dalam kategori comfort food karena efeknya yang menenangkan. Sedikit informasi cokelat mengandung senyawa alkaloid seperti teobromin, fenetilamina dan anandamida yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak yang merupakan antidepresan alami dan dapat membuat sedikit nyaman saat sedang stres. Jadi gw rasa nggak ada salahnya makan cokelat saat lo lagi patah hati.

Jalan-jalan sendirian

Saat gw patah hati terhadap hal apa pun, gw cenderung ingin menghilang. Itu hal yang wajar kok, menurut gw. Untuk meringankan perasaan ini gw kadang memilih untuk ke bioskop dan nonton film sendirian. Film apa pun itu kecuali genre drama. Kalau dalam video tersebut mungkin digambarkan untuk pergi ke café dan minum segelas teh manis karena kopi dinilai terlalu pahit untuk suasana hati yang sudah pahit. Apa pun pilihan lo gw mengartikannya dengan menghabiskan waktu untuk diri lo sendiri. Setelah beberapa lama lo fokus pada sesuatu atau mungkin seseorang dan akhirnya lupa sama diri sendiri mungkin patah hati adalah salah satu waktu yang tepat buat lo memanjakan diri sendiri.

Habiskan waktu dengan teman

Kayak artikel gw sebelumnya tentang curhat, teman dan sahabat itu adalah orang yang paling nyaman untuk diajak ngobrol ngalur ngidul tanpa poin. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk membuat suasana hati kita jadi lebih ringan dan berwarna. Menghabiskan waktu dengan teman atau sahabat dekat bisa bikin lo sedikit lebih enteng setelah beberapa hari berkubang dalam lumpur patah hati. Asik.

Lakukan hal yang lo suka

Oke ini mungkin lebih ke mengalihkan perhatian dan fokus lo dari luka hati yang menganga di dada. Jadi salah satu obat luka patah hati yang lumayan ampuh adalah melakukan apa pun yang menjadi hobi lo, hobi yang mungkin sempat terbengkalai saat lo terlalu fokus pada masa lalu. Lo bisa menjalani hobi menyanyi, melukis, menulis, berenang, jogging, atau menari, apa pun itu lakukan kembali.

Bangkitlah

Pada akhirnya setelah lo ‘menikmati’ keterpurukan maka lo harus bangkit. Lo harus ngelanjutin hidup lo dan nggak terus memanjakan 3G lo tadi itu. Move on dan jangan diingat lagi karena lo pantas untuk bahagia kembali.

Menurut gw video dengan gambar animasi yang nggak bisa dibilang bagus atau sempurna ini sebenarnya menyimpan banyak pesan. Salah satunya adalah tentang bahwa lo boleh bersedih sampai tentang bagaimana lo harus bangkit lagi setelah puas meratapi kesedihan lo itu.

Stay updated! Follow us on:

Novita Nurfiana
Find me

Novita Nurfiana

Cita-cita jadi Ranger Merah
Novita Nurfiana
Find me

Latest posts by Novita Nurfiana (see all)

(Visited 67 times, 1 visits today)

Novita Nurfiana

Cita-cita jadi Ranger Merah

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Tiga Kalimat Haram dalam Percakapan

Close