Wake Up Call Challenge, Beramal dengan Selfie

Kayaknya penggalangan dana dengan cara-cara yang aneh lagi ngetren banget ya? Setelah IBC (Ice Bucket Challenge) untuk mendukung penelitian ALS, sekarang ada lagi nih yang lagi hype di kalangan bintang Hollywood, namanya Wake Up Call Challenge (selanjutnya gw singkat jadi WUCC ya).

Sama halnya seperti pendahulunya, IBC, WUCC juga berawal dari kampanye ‘No Make-Up Selfie’ yang cukup hype di kalangan pesohor Holywood. Bedanya, WUCC ini bukan penggalangan dana untuk penyakit tapi lebih kepada aksi kemanusiaan untuk mengumpulkan dana dengan cepat buat pengungsi-pengungsi di Suriah.

Berbeda dengan IBC yang harus repot-repot (dan agak mubazir) ngeguyur air dengan es batu ke kepala, penggalangan dana ini cuma perlu posting foto lo yang baru tidur dan tanpa make-up di akun medsos lo. Kurang gampang apa coba itu? Secara budaya selfie sekarang lagi sangat menjamur, kan.

Peraturannya sama seperti IBC, lo harus menominasikan seseorang supaya proyek tersebut menyebar luas. Sebut tiga nama orang yang lo mau foto muka bantalnya tersebar luas di jejaring sosial. Selain menominasikan tiga nama teman, lo juga harus menuliskan hashtag #WakeUpCall #UNICEF dan berdonasi ke situs wakeupcall.org untuk menyumbangkan dana ke akun UNICEF.

Seperti biasa, gw rasa proyek viral ini dilakukan selain untuk penggalangan dana juga untuk bersenang-senang memamerkan betapa lusuh atau cantiknya muka bantal para pesertanya. Apalagi sampai saat ini yang ikut aksi ini masih artis-artis Hollywood yang selama ini kita tahu kontur mukanya sangat-sangat tanpa cela, flawless, mulus, you name it.

Pastinya seru banget saat kita bisa ngeliat wajah mereka biasanya dalam keadaan sempurna tanpa cela sedikit sembap karena baru saja bangun tidur. Menurut gw sendiri aksi ini lebih memiliki esensi tersendiri dibandingkan IBC, tanpa bermaksud menyinggung pihak mana pun sih. Cuma kalau di IBC lo harus melakukannya dengan buang-buang air untuk membantu orang dan itu terkesan ironis banget sedangkan WUCC cuma perlu mengorbankan kamera handphone dan yah pastinya muka sembap lo juga sih.

Esensi WUCC menurut gw memperlihatkan betapa cantik atau tampannya seseorang saat belum mengenakan “topeng” make-up mereka, yah setidaknya ini meningkatkan sedikit kesadaran bahwa tanpa make-up pun lo justru lebih kelihatan cantik dan alamiah. Selain itu juga memperlihatkan bahwa cantik atau jelek itu cuma masalah persepsi saja kan. Hal terpenting buat gw adalah aksi ini memperlihatkan bahwa untuk beramal nggak perlu jadi orang paling cantik di dunia, yang paling penting tetap niatan kalian untuk membuat dunia jadi tempat yang lebih baik. Keren.

351977-wake-up-call-le-nouveau-buzz-620x0-1Kayak yang gw bilang di atas, sejauh ini WUCC belum terlalu booming di Indonesia, jadi sejauh ini yang sudah melakukan aksi ini baru duta UNICEF Inggris, Jemmima Khan lalu diikuti oleh artis-artis papan atas seperti Naomi Campbell, Tom Hiddleston, Laura Bailey, Emma Miler, Keeley Hawes, dan lainnya.

Nah, yuk ikutan jangan mau kalah sama mereka yang sudah berdonasi duluan. Siapa tahu muka bantal kamu lebih bagus?

Stay updated! Follow us on:

Novita Nurfiana
Find me

Novita Nurfiana

Cita-cita jadi Ranger Merah
Novita Nurfiana
Find me

Latest posts by Novita Nurfiana (see all)

(Visited 87 times, 1 visits today)

Novita Nurfiana

Cita-cita jadi Ranger Merah

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Fenomena Kurbanisasi, Mitos Islami yang Tak Terelakkan

Close