Talk Show Sekarang Kok Ngomong Sendiri?

Makin hari acara TV makin menyesakkan dada, dari sinetron yang ceritanya nggak berkembang dan muter-muter, acara musik yang kepagian, acara kuis yang rada nyeleneh sampai muncul acara joget-joget nggak jelas.

Di tengah menjamurnya acara yang gw sebutin tadi, masih ada acara bincang-bincang atau biasa disebut talk show. Pada mulanya konsep talk show ini bikin gw betah di depan TV setelah sebelumnya dibekap keengganan – asik bahasa gw keren – karena acara TV yang semakin ngenes dan nggak bikin cerdas. Tapi sekarang kok talk show jadi kayak ngomong sendiri. Bukankah talk show itu acara untuk ngobrolin suatu isu? Dan ngobrol itu pembicaraan dua arah, beda sama monolog.

Talk show diyakini pertama kali on air pada 1951 dan berasal dari Inggris. Konsepnya adalah membicarakan suatu topik yang sudah dipilih sama pembawa acaranya atau lebih seringnya sih sang produser acara. Nah, biasanya acara ini juga mengundang orang yang memang punya kemampuan di bidang yang menjadi topik pembicaraan.

Tapi talk show sekarang udah berbeda dan akibatnya kesenangan gw sebagai penikmat acara itu terganggu. Memang, sebenarnya sih solusinya sederhana banget; nggak usah ditonton. Titik. Tapi karena gw perempuan dan jadi gatel setelah ngeliat kemunculan banyaknya talk show baru di TV, jadi gw bahas sedikit deh ya alasan kenapa talk show semakin menyimpang.

Topik yang blur

Talk showOke, memang talk show yang berkembang di Indonesia jatuhnya kayak acara bincang-bincang artis atau bisa disebut jadi kayak acara gosip. Misalnya ngebahas kenapa si artis A melakukan suatu kegiatan yang menarik. Tapi ada juga acara yang benar-benar manggil artisnya sebagai bintang tamu dan diminta menceritakan isu tersebut dari sudut pandang pribadinya.

Namun, bukan berarti dari awal di pembawa acara nggak ngelemparin topik, biasanya mereka tetap menyebutkan prolog yang biasa kita sebut sebagai topik, terus melenceng, terus fokus lagi, melenceng lagi dan begitu seterusnya sampai akhir acara. Terus acara akan ditutup dengan kata-kata mutiara yang nggak nyambung, biasanya sih gitu, tapi nggak semuanya juga.

Bintang tamu pelengkap penderita

Talk show yang kayak gini biasanya malah ngundang tamu banyak banget tapi salah satunya biasanya cuma datang untuk dijadiin bahan olok-olok belaka. Entah dihina fisiknya, nggak dikasih kesempatan bicara, atau pas mau ngomong malah dipotong iklan, intinya cuma dijadiin bahan ketawaan doang deh. Hal ini biasanya bikin acara jadi nggak fokus keluar dari konteks yang awalnya menjadi topik utama.

Heboh sendiri

Ini yang bener-bener ganggu banget buat gw karena selain terkesan meremehkan dan nggak menghargai bintang tamu narasumber, metode membawakan acara seperti itu juga nggak penting banget buat ditampilkan. Selain topik, nggak jarang suatu talk show menampilkan tema di tiap episodenya dan kadang justru jadi blunder karena si pembawa acara malah jadi heboh sendiri untuk ngebawain tema dengan baik. Pendapat dari narasumbernya malah jadi ketimpa dan itu sangat nggak cerdas karena bikin pemirsanya nggak mendapatkan informasi utuh soalnya nggak jarang saat sedang bicara narasumber justru kepotong sama penerapan tema heboh sendiri.

Tapi di balik talk show yang terkesan kacau itu juga masih ada talk show yang memang mengusung pentingnya penyampaian informasi sesuai topik. Konsistensi acara tersebut pada topik yang informatif itulah yang menjadikannya satu-satunya acara yang menurut gw masih mendidik karena memberikan informasi yang baik dan berguna buat penontonnya. Gw rasa lo pada tahu kok itu acara apa. Itu lho yang ada logo kaki nendang pembawa acara yang dulu kribo, bernama Andy.

Biarpun tujuannya buat hiburan, acara TV nggak boleh meninggalkan nilai informatif dan mendidik bagi penikmatnya. Nggak boleh sekadar menampilkan lawakan-lawakan slapstick dan menghina yang justru membuat acara tersebut jadi murahan.

Stay updated! Follow us on:

Novita Nurfiana
Find me

Novita Nurfiana

Cita-cita jadi Ranger Merah
Novita Nurfiana
Find me

Latest posts by Novita Nurfiana (see all)

(Visited 103 times, 1 visits today)

Novita Nurfiana

Cita-cita jadi Ranger Merah

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Wake Up Call Challenge, Beramal dengan Selfie

Close