Aktor-Aktor Film dengan Suara Terkeren

Suara punya peran penting dalam kehidupan, utamanya untuk berkomunikasi. Manusia gak bisa lepas dari itu bahkan saat membaca sekalipun karena sebenernya gak ada yang namanya silent reader. Saat membaca tanpa melafalkannya, otak lo pasti menciptakan suara narator untuk membaca tulisan ini kan?

Ada suara yang bagus ada pula yang jelek. Ada orang yang nyanyi fals tapi ada juga orang yang ngomong aja merdu. Nah, beberapa aktor dianugerahi suara yang sangat khas, yang bisa dikenali bahkan ketika kita mendengar suaranya saja tanpa melihat wajahnya. Selain akting, suara mereka yang bagus juga mempunyai nilai komersial yang tinggi. Berikut lima aktor dengan suara terbaik menurut gw.

Gerard Butler

Kebanyakan orang menggilai aksen Inggris. Hampir semua perempuan katanya tertarik sama aksen Inggris, bahkan untuk orang Amerika sekalipun. Katanya sih aksen mereka seksi. Nah, si Gerard ini punya aksen Skotlandia, dua kali lebih seksi daripada aksen Inggris. Lebih medok kalo orang Jawa bilang. Belom pernah denger suaranya? Tapi udah pernah nonton “300” dan denger teriakan “This Is SPARTAAAA!”? Udah pernah nonton “How to Train Your Dragon” dan denger suara Stoick – bapaknya Hiccup – yang terdengar bijak, kasar sekaligus ‘lakik banget’?

Itu semua berasal dari pita suara Gerard.

 

Morgan Freeman

193b7fea8c068a99facdb5854758ecb8f81d56eea2763d539b85a2b5942d60a7Nah, ini suara yang paling banyak digilai sepanjang zaman. Berbagai meme, suara tiruan (impression), bahkan aplikasi generator suara diciptakan karena terinspirasi dari dia. Ada tweet lucu yang pernah gw baca, isinya kurang lebih: “Kalo gw punya suara kayak Morgan Freeman, gw gak akan berhenti ngomong sepanjang hari.” Iya, emang suaranya Morgan tuh seenak itu. Adem, mengayomi, kebapakan, menenangkan, pinter, dan atribut yang bagus-bagus lainnya.

Dia pernah jadi tuhan, narapidana, detektif, penjahat, pencipta teknologi peralatan Batman. Walaupun gak semua perannya dimainkan dengan bagus, tapi karakter-karakter itu dibawakan dengan suara yang ajib. Siapa sih yang gak pengen diajak ngobrol suara kayak gini?

 

Tom Hanks

Siapa tak kenal dia? Aktor serbabisa ini suaranya juga keren buat gw. Lo bisa puas denger dia ngomong sepanjang film di “Forrest Gump”. Di film itu dia menceritakan semua kehidupannya dengan narasi yang hidup. Buat gw kekhasan dia terletak pada kesengauan suaranya. Setiap dia ngomong kayak ngambang di idung.

Selain suaranya, akting aktor ini juga mahakarya buat gw. Hampir semua filmnya gw ikutin. “The Terminal”, “Saving Private Ryan”, “Cast Away”, “Catch Me If You Can”, “The Green Mile”, “Cloud Atlas”, “Extremely Loud and Incredibly Close” adalah beberapa filmnya yang terbagus menurut gw. Kalo lo nyari film paket lengkap berisi suara aktor dan cerita yang bagus, cari film Tom Hanks!

 

Al Pacino

Sebenernya gw gemeter pas nulis ini saat harus browsing referensi dan nemu foto bapak ini. Buat gw suara dia meninggalkan kesan traumatis. Nonton “Godfather” dan “Scarface” bikin gw trauma untuk bayangin suara Al Pacino lagi. Tapi emang itu keahliannya, dia sangat meyakinkan jadi penjahat. Kalo gw nemu kata mafia, otomatis yang terlintas di kepala gw adalah Al Pacino, ditambah bapaknya Marlon Brando di “Godfather”. Film itu melekat sangat erat dalam hidup gw. Suara menakutkan itu yang memaki rivalnya dan, tentunya, memerintah anak buahnya untuk menghabisi kompetitornya.

Dengan suaranya yang serak, keseret dan menyeramkan dia ngomong dengan bibir agak ditarik ke bawah kayak ngeremehin orang. Plus, biasanya dia duduk agak turun di kursinya dengan leher hampir menyentuh dadanya – khas mafia banget – sambil ngomong dengan dingin, tanpa ekspresi dan memberi perintah-perintah yang jahat. Gak kebayang gimana perasaan orang kalo diancem sama dia.

 

Sir David Attenborough

david-attenborough-007Memasukkan David ke dalam daftar ini memang sama sekali gak tepat, karena dia bukan aktor. Aktor kan harus akting, sedangkan dia hanya menggunakan suaranya. Tapi gw gak tahan untuk gak memasukkan dia dalam daftar ini karena suaranya emang bagus banget. David adalah narator dalam berbagai film dokumenter BBC. Acaranya yang lagi tayang sekarang adalah “David Attenborough’s Natural History Museum Alive”.

Kalo boleh menganalogikan, suara David mirip kura-kura berumur ratusan tahun yang bijak. Sedikit bergetar, suaranya terdengar ringkih namun juga memancarkan kebijakan luar biasa. Gw jadi betah nonton binatang-binatang kalo narasinya dibawakan olehnya. Pengetahuannya yang luar biasa tentang alam diceritakan dengan cara yang tidak menggurui.

Gw biasanya nonton acaranya sambil matiin lampu di kamar gelap, lalu perlahan-lahan tertidur diiringi suaranya, kayak lagi didongengin sama kakek. I’m all ears, Sir.

Stay updated! Follow us on:

Find me

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.
Find me

Latest posts by Imanuel Kristianto (see all)

(Visited 235 times, 1 visits today)

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Talk Show Sekarang Kok Ngomong Sendiri?

Close