Ngakak Bareng Si Genius ‘Weird Al’ Yankovic

Album yang gw rekomendasiin untuk bulan ini adalah Mandatory Fun dari ‘Weird Al’ Yankovic. Buat yang belum tau siapa dia, lo bisa cari lagu-lagu parodinya yang terkenal seperti “You’re Pitiful” plesetan “You’re Beautiful” dari James Blunt, “Another Tattoo” dari “Nothing On U” milik B.o.B sama Bruno Mars, “A Complicated Song” dari “Complicated”-nya Avril Lavigne. Selain parodi dia juga jago dalam genre polka. Lagu polka terkenalnya “Angry White Boy Polka” yang merupakan medley lagu Papa Roach, System of a Down, The Vines, The White Stripes, The Strokes, Disturbed, Limp Bizkit, Kid Rock, P.O.D., dan Eminem.

Sepintas tidak ada yang spesial dengan genre lagu parodi karena kebanyakan cuma ngejek penyanyi aslinya atau bahkan cuma make kata yang berima dengan lagu aslinya. Weird Al berbeda dari parodi lainnya. Dia menciptakan lagu baru dari lagu lama. Dulu dia memang bikin lagu yang cuma kebalikan dari lagu aslinya kayak “You’re Pitiful” itu, tapi di album ini dia menawarkan teknik berbeda. Liriknya gak lagi berdasarkan ‘cerita’ lagu aslinya melainkan cuma rima aja yang ditonjolin biar pendengar langsung bisa mengasosiasikannya dengan lagu aslinya.

Kenapa dia genius?

Ada peribahasa Latin nihil sub sole novum, dalam bahasa Inggris there’s nothing new under the sun, atau sebenarnya hal yang ada sekarang udah ada sebelumnya. Itulah gambaran musik Weird Al. Jelaslah, kan dia ‘nyuri’ beat sama rhyme dari lagu terkenal. 😀 Tapi ya sebatas itu. Berbekal dua unsur itu dia meracik lagunya sendiri. Lagu yang berbeda sama sekali dari lagu aslinya, bukan sekadar plesetan atau homonim dan homofon.

Dia wajib bikin lagu dengan musik yang sama persis dengan penyanyi aslinya. Namun, dia menggubah liriknya hampir 100% dan pelafalannya gak ada yang dipaksain cocok sama musiknya hanya dengan memanjangkan atau memendekkannya hingga membuat lagunya terdengar tidak ramah di telinga. Ditambah liriknya juga bukan asal-asalan kayak kebanyakan parodi yang hanya mementingkan agar terdengar sama sesuai lagu aslinya. Weird Al punya cerita dalam liriknya, dibangun dengan serius laiknya lagu ‘beneran’.

Lagu jagoan

Album berisi 12 lagu ini dapet beragam penilaian dari kritikus. Kebanyakan sih positif. Itu jelas terbukti dari statusnya di Billboard. Mandatory Fun dapat peringkat teratas di tangga album Billboard. Sedangkan untuk lagunya “Word Crimes” masuk ke Billboard Top 40 dan membuatnya menjadi penyanyi ketiga setelah Michael Jackson dan Madonna yang masuk ke Top 40 dalam empat dekade berturut-turut sejak 1980-an. Iya, gw juga baru tau, ternyata dia udah selama itu bermusik.

Lagu jagoannya menurut gw antara lain “Handy” parodi dari “Fancy” Iggy Azalea. Lagu ini bercerita dibuat kayak iklan dari seorang tukang yang serbabisa. Dari benerin toilet ama ledeng, nambel dinding sampai membasmi rayap semuanya bisa dilakukan tukang keren ini. Catchy banget soalnya gw bayangin Iggy yang ngelakuin dirty job itu semua.big-drooling-smiley-emoticon

Trus ada “Foil” plesetan dari “Royal”-nya Lorde. Ini lagu bercerita tentang alumunium foil yang multiguna. Bisa buat bungkus makanan yang gak abis di restoran. Trus kalo ada Illuminati, New Order bahkan alien yang selalu ngawasin gerak-gerik lo dan ingin mengendalikan pikiran lo, jangan khawatir karena kita bisa selalu make alumunium foil buat melindungi kepala supaya otak kita gak bisa dibaca ama mereka.

Lalu “Inactive”, versi lucu-lucuan dari “Radioactive” Imagine Dragons tentang pria pemalas yang kerjaannya makan dan jarang banget gerak, highly inactive. Bahkan dia terpaksa nonton acara TV yang gak disukainya cuma gara-gara dia gak bisa ngangkat pantatnya buat ngambil remote.

Nah yang terakhir jagoan gw. “Word Crimes” diambil dari “Blurred Lines” Robin Thicke. Di sini Weird Al jadi grammer, eh grammar Nazi. Dia nyela semua kesalahan berbahasa. Dari orang yang gak bisa bedain penggunaan less sama fewer, nulis could care less untuk ungkapan gak peduli, padahal seharusnya yang bener couldn’t care less. Trus kesalahan paling umum gak bisa bedain its untuk possesive dan it’s untuk contraction. Dia bahkan nyela anak alay yang suka bikin gemes dengan make angka buat nulis kata, sump4h! dan make satu huruf untuk nulis kata karena cuma anak umur tujuh taun yang bisa dimaklumi nulis kayak gitu.

C u in the next post!

Stay updated! Follow us on:

Find me

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.
Find me

Latest posts by Imanuel Kristianto (see all)

(Visited 105 times, 1 visits today)

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Makan di Luar Bikin Kenyang atau Renyang?

Close