Awas, Terlalu Sibuk Bisa Berubah Jadi Kecoak!

Apa status lo sekarang? Pekerja, mahasiswa, pelajar, atau gak termasuk salah satu dari itu? Gimana kehidupan pribadi lo, minimal sama keluarga? Baik, bisa dibilang baik, atau malah tidak baik sama sekali? Menurut gw status kita itu ada hubungannya dengan kemampuan kita bersosialisasi dan biasanya masalahnya terbesarnya adalah waktu.

Semakin tinggi kesibukan lo, semakin jarang pula waktu yang lo abisin buat diri sendiri dan orang yang lo kasihi. Saat kuliah dulu – ketika waktu masih terasa sangat fleksibel – gw disuruh mereproduksi karya sastra dalam medium baru. Bisa puisi, lagu, drama, gambar, atau apa pun. Gw yang pemalu memilih untuk buat animasi. Tujuannya jelas, biar gak usah tampil di depan kelas saat presentasi karya.

Karya yang gw pilih adalah Metamorphosis, cerita pendek karya Franz Kafka. Kafka adalah seorang sastrawan Ceko yang karyanya ditulis dalam bahasa Jerman tapi diterjemahin dalam berbagai bahasa, salah satunya bahasa Inggris. Dalam cerpen tersebut, terdapat tokoh Gregor Samsa yang badannya berubah jadi seekor serangga menyerupai kecoak. Kenapa kecoak yang dipilih Kafka? Menurut gw itu seperti simbol sesuatu yang tidak diinginkan oleh orang di sekitar atau bahasa akademisnya alienasi. Kebanyakan orang pasti akan meringis jijik kalo didekatin kecoak, kan? Nah, si Samsa ini, yang sekarang berwujud kecoak, mungkin adalah simbol orang yang diasingkan ama keluarganya karena kesibukannya.

Samsa, seperti para pekerja lainnya, pernah ngerasa males pergi kerja tapi ngerasa harus. Pengen bilang sakit tapi gak enak. Samsa yang sering dinas ke luar kota beranggapan bahwa orang juga kadang ngeliat pekerja lain yang tampilan luarnya perlente dengan berlebihan hingga membuatnya muak dan bilang,

“I know that nobody likes the travellers. They think we earn an enormous wage as well as having a soft time of it. That’s just prejudice but they have no particular reason to think better of it.”

Dalam cerpen ini juga ada curahan hati seorang pekerja untuk perusahaan ketika bicara tentang bolos,

“It’s quite possible for someone to be temporarily unable to work, but that’s just the right time to remember what’s been achieved in the past and consider that later on, once the difficulty has been removed, he will certainly work with all the more diligence and concentration.”

Kadang perusahaan tidak memanusiakan pekerjanya dan hanya peduli pada kesalahan yang dibuat sekali ketimbang mengingat prestasi yang pernah dicapai berkali-kali oleh pegawainya. Kebanyakan perusahaan gembar-gembor tentang punishment and reward kepada karyawannya, tapi pada kenyataannya yang ada cuma punishment and no punishment. Gak ada penghargaannya. Udah pasti hal tersebut punya implikasi buat kepribadian pegawainya.

Dengan kesibukan yang dijalaninya sehari-hari, manusia jadi less human. Maksudnya adalah mereka tidak lagi peka pada nilai sosial, dalam lingkup Samsa ya pada keluarganya. Ada satu bagian ketika masih jadi manusia, jari Samsa terluka akibat pisau sebulan yang lalu dan masih sakit. Namun, ketika sudah jadi kecoak, luka parahnya sembuh dalam sehari. Itu bikin dia bertanya, “Am I less sensitive than I used to be, then?” Yap, pertanyaan besarnya adalah, dengan kesibukan lo sekarang, masih pedulikah lo dengan keluarga? Masih sering kah kalian nanya kabar keluarga? Samsa bukannya tidak peduli, tapi pekerjaannyalah yang membentuknya seperti itu dan konsekuensinya fatal buat dia.

Berbekal cerita itulah, ini terjemahan karya Kafka menurut versi gw:

PS: Bahasa Inggrisnya ada yang kurang benar secara gramatikal. Maklum masih mahasiswa. 😀

 

 

kafka

Penulis: Franz Kafka

Judul: Metamorphosis

Penerbit: Penguin Books

 

Buku ini copyright-nya udah kedaluwarsa jadi sekarang tersedia di public domain dan bisa dibaca di sini

Stay updated! Follow us on:

Find me

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.
Find me

Latest posts by Imanuel Kristianto (see all)

(Visited 32 times, 1 visits today)

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Lima Film dengan Kumpulan Soundtrack Terkeren

Close