Sam Smith, Suara Baru Wajib Dengar Bulan Ini

Sam Smith salah satu penyanyi pendatang baru yang cukup diperhitungkan sekarang. Buat gw ada hal yang istimewa dari dirinya, selain suaranya tentu, yang membuatnya menjadi seperti sekarang. Gw pertama kali dengar dia di La La La, lagu kolaborasinya bersama Naughty Boy.

Lagu tersebut nempel di telinga gw karena airplay-nya lumayan tinggi di radio. Cie masih dengar radio… Gw mulai menghapal liriknya karena udah terlalu sering dengar tapi gak bisa nyanyi bareng, gengsi dong. Seperti semua lagu, bagian yang lebih dulu diapal orang pasti bagian chorus, di situlah Sam Smith nyanyi di La La La.

Lalu radio mulai bosan dengan lagu itu dan kemudian memutarkan Stay With Me. Dari sini gw baru sadar tentang briliannya penyanyi ini. Penyanyi asal Inggris ini sering disamakan dengan Adele. Dia bahkan juga memenangi penghargaan yang sama dengan yang pernah diraih Adele.

Selain lagunya, Sam juga punya sesuatu yang menarik: seksualitasnya. Pada Mei 2014 lalu dia mengaku bahwa dia adalah seorang gay. Memang ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan musikalitas. Namun, gw selalu yakin ada korelasi unik antara keduanya, entah kebetulan atau gw secara gak sadar hanya mau melihatnya dengan cara seperti itu. Boy George, Elton John, George Michael, Mary Lambert, Lisa Coleman, LP adalah beberapa musisi gay dan lesbian yang gemilang. Lagu-lagu cinta yang mereka buat tuh terasa begitu dalam.

Gak seperti orang-orang heteroseksual, mereka kayaknya lebih menghargai hubungan, kalau gak bisa dibilang posesif. I’m saying this in a complimentary way. Jadi itu semua tertuang dengan sangat dalam di lirik-lirik mereka. Kalau boleh menganalogikan itu seperti makan Astor. Pas masih banyak batang-batang berisi cokelat itu di toples, kita makannya gak terlalu enak tapi kalau udah tinggal sedikit rasa nikmatnya lebih terasa. Makannya perlahan-lahan, mengindrai dengan pengecap di setiap gigitan secara saksama, menghargai tiap kunyahan. Sampai terakhir remah-remahnya pun kita tuang ke mulut. Begitulah mereka, karena mereka sedikit jadi ketika punya pasangan sangat dinikmati. Dan ketika mereka memutuskan untuk berkarya, hasilnya adalah lagu-lagu bermakna dalam dan suara hati yang tulus.

Oke, balik lagi ke musiknya. Sam Smith memiliki jangkauan suara yang cukup tinggi. Tenor ya namanya? Dibarengi dengan pitch control yang keren banget. Nadanya agak susah naik turun tapi bisa dibawakannya dengan mulus. Gw tau ini bukan karena gw bisa nyanyi sih, tapi diliat dari berbagai cover version di Soundcloud dan Youtube. Gak ada yang semulus penyanyi aslinya. Oh ya, di Internet juga banyak versi live Sam Smith dan suaranya emang sebagus rekaman yang bisa lo semua kagumi. Rasa kagum yang dulu gw rasain ketika nonton Adele live perform juga.

Lagu yang patut dengar: Latch, Not in That Way, In the Lonely Hour, Make It to Me, Nirvana, Money on My Mind.

Favorit gw sekarang sih ini

“I’m Not the Only One”

Stay updated! Follow us on:

Find me

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.
Find me

Latest posts by Imanuel Kristianto (see all)

(Visited 259 times, 1 visits today)

Imanuel Kristianto

A movie enthusiast. A professional cynic but my heart's not in it.

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Kenapa Harus Nonton “Guardians of The Galaxy” (2014)?

Close