Ketika Ekstrak Manggis Jadi ‘Penyejuk’ Dunia Maya

Hiruk pikuk pilpres dan segala pro-kontranya (quick count dan klaim kemenangan masing-masing kandidat serta perseteruan masing-masing pendukungnya di dunia maya) dan demam Piala Dunia tampaknya menjadi bahan perbincangan hangat di jejaring sosial beberapa waktu yang lalu.

Hampir setiap opini online terpopuler selalu dibanjiri dengan gaung politik atau isu Piala Dunia. Balas-balasan opini antara pendukung Garuda Merah dan I Stand on the Right Side serta tumbangnya tim-tim unggulan di ajang sepak bola terakbar dunia menjadi topik terhangat yang kadang malah bikin gerah pengguna internet terlebih jejaring sosial.

Untungnya ada kabar gembira untuk kita semua! Karena kulit manggis kini ada ekstraknya. Ya jingle ini mungkin adalah kabar gembira dan obat dari semua hiruk-pikuk tersebut.

Gw (yang jarang bahkan nyaris tidak pernah menonton TV) awalnya agak ngga dong ketika seorang tetangga (kosan) kerap menyanyikan lagu yang ternyata adalah jingle sebuah produk obat tersebut.

Mulai dari menjemur pakaian hingga mencuci sepeda motor kesayangannya dia selalu mendendangkan “kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya…” sambil senyum-senyum sendiri.

Gw sendiri mulai tahu kalau lagu itu adalah jingle iklan saat debat capres ketiga (pas lagi nebeng nonton di kamar sang tetangga). Jingle yang mudah diingat, penayangan yang berulang dan slot tayang di prime time tampaknya membuat iklan ini mudah diingat.

Sejak itu gw baru ngeh kalau ternyata “kabar gembira” yang bergentayangan di komen-komen jejaring sosial hingga layanan chat tersebut berasal dari iklan ini.

Saat menghadiri gelaran buka puasa bersama alumni salah satu PTN di Bandung seorang teman juga sempat berceloteh, “Iya… kemarin-kemarin juga ada teman di kantor nge-BBM sore-sore ‘Bapak Rian ada kabar gembira?’ Ya langsung aja gw bales ada kabar apa? Taunya dia bilang kulit manggis kini ada ekstraknya.” Kami yang duduk di belakangnya saat berkendara menembus macetnya jalan Siliwangi hanya bisa terkekeh.

Untitled-1 copyBeberapa hari sebelumnya gw juga pernah mendapat pesan gambar dari seorang sahabat yang membuat gw terpingkal-pingkal. Pesan itu memperlihatkan screen capture kolom komen Facebook seorang motivator yang dikenal lewat salam supernya (entah itu diedit atau tidak), di mana salah seorang pengguna menulis kalimat “Pak Mario ada kabar gembira…” sang empunya laman pun membalas, “Kabar apa?” lalu orang itu membalas “Kulit manggis kini ada ekstraknya…(disertai emoticon tertawa)”. Uniknya si sang motivator tersebut malah membalas “Super sekali…”

Jingle ini pun mulai merambah dunia maya, bahkan meski sempat dibungkam ramainya lini masa mengenai Konser Salam Dua Jari, jingle ini kembali melejit (ibarat chart musik, sang lagu berhasil meraih kembali posisi teratas). Popularitas si ekstrak kulit manggis pun juga menarik perhatian sejumlah media.

Bahkan di tengah santernya berita serangan Israel ke Palestina akhir-akhir ini lirik jingle ini pun ikut eksis, beberapa waktu lalu gw sempat melihat screen capture pengguna FB yang menulis ekstrak kulit manggis dalam bahasa Inggris kepada salah satu user/grup yang terdapat nama Israel. Konyol memang, tapi rasanya lucu juga.

Jingle yang bahkan produknya belum pernah gw beli dan konsumsi (gw berniat membelinya dalam waktu dekat) ternyata mampu membuat orang tertawa dan menjadi selingan riuhannya pilpres.

Sebenarnya ada hal lain yang membuat gw tertarik mengenai jingle ini, yaitu cara pemasaran produknya.

Dengan jingle yang catchy dan penayangan berulang terlebih di jam strategis dan acara penting sekelas debat capres sudah membuat iklan ini nge-klik di kepala. Ditambah dengan guyonan di jejaring sosial dan fitur chat, iklan ini pun semakin meraja (bahkan gw yang notabene jarang nonton TV jadi penasaran dan mencari tahu produknya).

Yup, bagi pihak produsen ini adalah keuntungan tersendiri, tapi buat gw paling ngga ini bisa jadi selingan lucu-lucuan di tengah panasnya suasana di dunia maya.

Stay updated! Follow us on:

I W Yoga
Find me

I W Yoga

A part of silent majority
I W Yoga
Find me

Latest posts by I W Yoga (see all)

(Visited 51 times, 1 visits today)

I W Yoga

A part of silent majority

You May Also Like

One thought on “Ketika Ekstrak Manggis Jadi ‘Penyejuk’ Dunia Maya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!