Pertanyaan yang Sering Muncul Ketika Mudik

Ini sekadar rasa penasaran gw yang kebetulan mengenyam pendidikan dan mencari penghidupan di luar kota.

Siapa sih yang ngga pernah mudik, hampir semua orang Indonesia (bahkan ngga cuman di Indonesia, elu bisa googling tradisi mudik di berbagai negara) kecuali warga setempat yang turun-temurun tinggal di kota yang sama.

Buat gw (mungkin bukan cuman gw) yang biasa mudik, ada hal-hal yang sering bikin penasaran.

Pertama, kenapa banyak perbaikan jalan dilakuin pas mendekati musim mudik. Nah ini bisa elu liat di berbagai berita, tiap berita jelang mudik pasti ada berita kemacetan atau penutupan jalur akibat perbaikan jalan jelang mudik.

Gw sering mikir kenapa perbaikan jalan ngga dilakuin pas bukan musim liburan. Atau, bisa ngga sih kualitas jalanan kita ditingkatkan biar ngga sebentar-sebentar tambal sulam. Bayangin aja, masa tiap jelang mudik ada perbaikan jalan. Tapi balik seperti paragraf pembuka, ini cuman rasa penasaran orang awam yang ngga paham tentang konstruksi jalanan, mungkin mereka yang paham masalah jalan bisa ngejawab ini.

Kedua, banyak kendaraan baru terutama sepeda motor. Yup kalo ini bisa elu liat pas udah nyampe di kampung halaman tercinta. Di jalanan banyak siliweran sepeda motor-sepda motor baru yang masih kinclong. Sebagian sepeda motor itu malah make nopol kota besar kayak B.

Beberapa temen pernah bilang ke gw, orang-orang banyak ngambil sepeda motor baru dan dibawa ke kampung halaman mereka buat nunjukin kalo mereka sekarang udah mapan. Ya elu bayangin aja seandainya kita berangkat mengadu nasib di ibu kota terus balik dengan membawa hasil yang “tampak” pasti ada rasa bangga tersendiri kan? Masalahnya bukan di situ, karena buat gw itu adalah hal yang hebat dan itu bisa jadi bukti kalo ini lho hasil gw banting tulang di kota tetangga.

Masalahnya adalah kalau mereka ngemaksain buat beli barang itu demi ego, soalnya ngga sedikit juga dari sepeda motor-sepeda motor itu yang akhirnya ditarik lagi oleh pihak dealer atau leasing. Tapi entahlah tiap orang punya alasan sendiri dan bukan hak gw buat ngepo-in urusan orang lain. O ya, masalah ini juga berlaku buat perhiasan lho… pas mudik dan lebaran ngga sedikit orang yang pake perhiasan bahkan beberapa di antaranya kerap dapet julukan “etalase berjalan” tapi pas beres lebaran mereka tampil apa adanya.

5660927233_b48d40745e_zKetiga, ngebawa barang yang sebenernya bisa elu beli di kampung halaman. Nah kalo ini gw rasa banyak orang yang pernah ngelakuinnya, soalnya gw juga ngalamin hal yang sama. Bayangin aja dulu pas gw masih magang sang Ibu Suri (id no ponsel nyokap) pernah beliin gw magic com yang bisa dibeli di tempat kota gw kuliah. Pilihan sama harganya malahan bisa lebih murah. Tapi berhubung beliau sudah bertitah maka satu hal yang harus gw lakukan adalah menjalankan amanahnya. Dan gw harus naik kapal laut, naik bus trus naik angkot lagi menuju kosan di bilangan Bandung utara sambil ngebawa magic com yang mereknya sedang in saat itu ditambah beras yang cukup negbuat punggung sedikit pegel (gw masukin di tas bareng baju). Tapi gpp, bagi gw itu adalah wujud rasa sayang ortu ke kita (sori jadi curhat).

Ok back to topic!
Kasus kaya gini sering banget gw (atau mungkin elu juga) temuin entah di bandara, pelabuhan bahkan sampe terminal angkot sekalipun. Bayangin mereka ngangkat barang dengan beban dan ukuran jumbo. Pas di dalem kendaraan pun mereka rela ngorbanin kenyamanan mereka biar bisa bawa tuh barang. Tapi ya kayak yang udah gw bilang sebelumnya, mereka punya alasan sendiri, mulai dari barang yang belum ada di kampung halaman mereka (kalaupun ada mungkin harganya bisa lebih mahal) sampai wujud kasih sayang layaknya nyokap gw tadi.

Itu cuman beberapa, sebenernya sih masih banyak yang lain, cuman capek juga kalo ditulis semua (gw yakin yang baca juga capek). Tapi ya udah lah jangan diambil pusing, udah cukup kita dibuat pusing sama masalah kerjaan & pilpres kemaren. Sekarang saatnya kita nikmati liburan bersama orang tersayang…

Stay updated! Follow us on:

I W Yoga
Find me

I W Yoga

A part of silent majority
I W Yoga
Find me

Latest posts by I W Yoga (see all)

(Visited 92 times, 1 visits today)

I W Yoga

A part of silent majority

You May Also Like

Related Articles

Stay updated! Follow Mumovi!

Read previous post:
Lebaran dan Segala Printilannya

Close